Friday, September 02, 2016

Era Nanotechnology Sudah Dimulai. Udah tau belum gan?



Assalamualaikum dan selamat datang lagi di blog ane ya gan. Di postingan kali ini, ane rasa materinya bakal agak berat. Hehe. Benar gan, mengenai Nanotechnology. Sebuah kemajuan dibidang teknologi yang pastinya berpengaruh pada kehidupan manusia secara luar biasa. Seperti apa dan bagaimana Nanotecnology itu? Stay tune di blog ane ya gan hehe

Mungkin beberapa dari ente jarang mendengarnya, tapi selama 50 tahun belakangan ini, Nanotechnology menjadi riset serius bagi para peneliti untuk kemajuan di bidang teknologi. Keberadaan teknologi ini tentu bakal bikin teknologi yang ada saat ini terlihat jadul dan siap-siap ya gan, beberapa tahun lagi, kita bakalan melihat dampak dari hadirnya Nanotechnology.

Apa itu Nanotechnology?

Nanoteknologi adalah manipulasi materi pada skala atomik dan skala molekular. Diameter atom berkisar antara 62 pikometer (atom Helium) sampai 520 pikometer (atom Cesium), sedangkan kombinasi dari beberapa atom akan membentuk molekul dengan kisaran ukuran nano. Ukuran strukturnya sangat sangat kecil gan. Rantai DNA Manusia aja ukurannya cuma 2 Nanometer. Ya kalau diibaratin mirip rambut yang dibelah sampai 50 ribu kali. Atau agan bayangkan aja selembar koran itu tebalnya berkisar 100.000 nano meter. Amazing banget kan ukurannya gan?

Perbandingan ukuran
Ketika suatu materi dimanipulasi dengan ukuran di bawah 100 nano meter, sifat materi akan sangat berbeda dan cederung melanggar aturan fisika maupun kimia dari materi tersebut. Seperti kekuatan materi, kemampuan menghantarkan listrik, dan kereaktifan. Sebagai contoh, benda padat seperti emas akan menjadi cair pada suhu kamar, platinum dan emas jadi katalis, bahkan materi yang stabil seperti alumunium bakal lebih mudah terbakar. Kondisi ini tentunya menjadi peluang bagi manusia untuk mengembangkan teknologi konstruksi materi ke tahap selanjutnya.

Teknologi ini dapat dipakai disemua bidang ilmu seperti kimia, biologi, fisika, material science, dan lain-lain. Tapi ya namanya teknologi pasti seperti pisau bermata dua gan. Tentunya nanti perlu disiapkan peraturan pemerintah terkait teknologi nano ini supaya ga salah digunakan. hehe

Revolusi Teknologi Nano


Revolusi teknologi
Ente pasti tau makna dari Revolusi kan gan? Benar, perubahan yang terjadi secara cepat. Antonimnya adalah Evolusi, yaitu perubahan secara berangsur-angsur dan lambat. Di sini ane sebut revolusi karena perubahan teknologi nano terjadi begitu cepat dan bakalan terjadi hanya dalam beberapa dekade. Revolusi Nanotechnology dibagi dalam beberapa tahap. Simak ya gan :)

Tahap pertama

Pada tahap ini, membuat struktur nano relatif mudah (tapi bukan buat ane haha). Struktur nano pada tahap ini disebut “Strukur Nano Pasif atau Passive Nanostructure”. Struktur ini sifatnya sederhana, stabil dan memiliki sifat tertentu dan juga bereaksi secara kimia. Contohnya Graphene, Carbon Nanotubes, dan superhydrophobic coating.

Tahap Kedua

Tahap kedua tentu akan lebih kompleks. Teknologi nano pada tahap ini sudah mencapai level yang disebut Active Nanostructures. Analoginya kalau struktur nano pasif itu bahan-bahan yang dipakai untuk membuat sepeda, nah kalau struktur nano aktif itu adalah sepedanya. Jadi struktur aktif ini bisa mengubah kondisinya selama digunakan. Bukannya diam aja gan. Contohnya transistor nano, plasmonics, fluidics, mesin molekuler, alat pemancar laser dan lain-lain. Komponen-komponen tersebut dapat digunakan dalam sistem Nanoelectromechanical, yang memungkinkan untuk revolusii ke tahap Nanotechnology selanjutnya.

Jika berdasar pada tingkat eksponensial kemajuan teknologi kita saat ini, maka satu dekade lagi revolusi teknologi nano akan bergerak secara progresif ke tahap dua dan tahap tiga.

Tahap Ketiga

Pada tahap ini, Struktur nano merupakan sebuah sistem atau disebut juga Molecular Nanosystem dan dapat memiliki struktur nano aktif ataupun pasif. Molekul Nano ini akan memiliki peranan sendiri dalam penggunaannya nanti dan dimungkinkan bisa berperilaku seperti molekul biologis semisal sel darah merah.

Tahap Keempat

Tahap keempat ini akan menjadi era dari Nanobots. Nanobots dapat beroperasi dengan daya listrik yang didapat dari lingkungannya (misalnya dari glukosa atau tenaga surya), memiliki kemampuan komputasi/pemrograman sendiri dan dapat berinteraksi secara nirkabel. Ketika sampai pada tahap ini, ide liar manusia bakalan mendominasi seperti menghubungkan otak dengan jaringan internet, atau juga membuat menjadi manusia abadi. hehe

Beberapa Hal Yang Terjadi Ketika Era Revolusi Tekhnologi Nano Datang

Seperti yang ane bilang di atas, teknologi nano bisa menjadi harapan dan ancaman di tangan manusia. Akan tetapi di sini ane coba paparkan beberapa keuntungan yang di dapat dari pemanfaatan teknologi nano.

1.      Energi Bersih dan Terbarukan

Salah satu pemanfaatan Nanotech
Melalui Nanotechnology, ke depan energi bukan berasal dari pemanfaatan sumber daya alam bumi, melainkan dari matahari. Hal yang bikin bahagia, matahari seperti kasih ibu, hanya memberi tak harap kembali. Tentunya kita ga perlu bayar listrik mahal-mahal dan ga bakalan ada byar pet. Hehe

Nanotechnology ini akan memungkinkan upgrade besar-besaran terhadap kemampuan panel surya dan kapasitas penyimpanan baterai. Kendaraan akan ramah lingkungan karena menggunakan listrik, dan manusia juga ga perlu memanfaatkan energi nuklir yang tentunya sangat berbahaya.

2.      Air bersih

Beberapa waktu lalu, ada sistem penyaringan air berbasis teknologi nano yang di kembangkan oleh Michael Pritchard. Agan bayanginn aja kalau saja distribusi PDAM menggunakan teknologi ini, tentunya air bersih akan semakin mudah diproduksi dan tentunya semua orang bisa menikmatinya dengan harga yang murah. Teknologi ini sangat bermanfaat sekali kalau dipakai misalnya ditempet ane di Kalimantan, kebanyakan air tanah di sini baunya seperti mengandung besi, kalau buat cuci bikin baju kuning gan.

3.      Untuk kesehatan dan memperpanjang usia


Ilustrasi Nanobot
Kalau menurut ane bila teknologi ini benar bisa diterapkan, manusia bakalan bisa abadi gan (karena regenerasi sel bisa di atur). Bukan itu aja, tubuh ente bakalan terus awet muda selamanya. Kembali lagi ke progress kemajuan teknologi nano saat ini, kemungkinan hal tersebut bisa dicapai kurang lebih dalam waktu 30 tahun.

Logika sederhananya, Nanobot dapat digunakan untuk membunuh bakteri, sel-sel kanker bahkan virus. Dengan proses penyempurnaan yang dilakukan secara terus menerus, Nanobot akan menjadi anti-aging atau penghambat proses penuaan. Bahkan yang lebih keren lagi, manusia bisa lebih super dengan adanya nanobot, misalnya punya proses regenerasi sel yang sangat cepat kayak Deadpool sampai kemampuan kebal bacok. Kalau ente punya kemampuan seperti ini, jangan jadi begal ya gan. hehe
Skill Deadpool
4.      Meningkatkan kemampuan computer

Komputer kuantum dengan teknologi nano diprediksi bakalan menggantikan chip computer yang saat saat ini dipakai sebagai sumber utama komputasi. Berapa kali lipat gan kemampuannya? Jawabannya, Fu**in Billion of time.


Mas Tony dan komputernya
Komputer kuantum edisi pertama bakalan bisa dipakai untuk hack enkripsi data dalam waktu relatif lebih singkat. Agan pernah coba buka password Rar file menggunakan brute force dan ketika dicekk dibutuhkan waktu sampai bertahun-tahun? Nah dengan computer kuantum ini agan cukup menunggu beberapa jam aja. Karena potensi ini, tentu nanti perlu peraturan yang sangat ketat dari terkait penggunaan komputer kuantum. Bukan computer kuantum aja sih, tapi juga teknologi nano yang lain.

***

Itu dia beberapa hal yang berhasil ane kumpulin terkait nano teknologi yang merupakan awal dari kemajuan teknologi yang sangat potensial. Ane yakin adanya nano teknologi bakalan bisa membantu menciptakan kesejahteraan bagi kehidupan manusia, walaupun tentunya efek negatifnya gak kalah besar.

Sekian postingan kali ini, doakan aja ya gan supaya nanti ada update nya. Ane bakal bahas mengenai nano teknologi yang memungkinkan manusia menjadi superhuman. Siapa tau agan ada yang minat jadi anggota Justice League. Hehe

Wassalam 

2 comments: